CCNA Chapter 1 Explore The Network


Networks in Our Daily Lives

Komunikasi hampir sama pentingnya dengan kebutuhan kita pada udara, air, makanan, dan tempat tinggal. Di dunia saat ini, melalui penggunaan internet, kita terhubung tidak seperti dahulu, seperti halnya, Orang yang memiliki ide dapat membaginya secara instan dengan orang lain untuk mewujudkan ide tersebut, Berita peristiwa dan penemuan diketahui di seluruh dunia dalam hitungan detik. seseorang bahkan dapat terhubung di dalam game dengan orang lain dari beda tempat. 


Technology Then and Now

Bayangkan dunia tanpa Internet. Tidak ada Google, YouTube, Facebook, Game Online, Dan lain-lain serta akses mudah ke informasi terbaru. Tidak ada situs jual beli online apapun dan  petunjuk arah ke berbagai lokasi hanya dengan mengklik tombol. Itulah dunia pada zaman dahulu tanpa adanya jaringan internet. Sekarang jaringan data perlahan-lahan berkembang dan digunakan kembali untuk meningkatkan kualitas hidup orang di mana pun.


No Boundaries

Kemajuan dalam teknologi jaringan mungkin merupakan perubahan paling signifikan di dunia saat ini. Mereka membantu menciptakan dunia di mana perbatasan nasional, jarak geografis, dan batasan fisik menjadi kurang relevan menghadirkan hambatan yang semakin berkurang.
Internet telah mengubah cara interaksi sosial, komersial, politik, dan pribadi terjadi. Sifat langsung komunikasi melalui Internet mendorong terciptanya komunitas global. Komunitas global memungkinkan interaksi sosial yang tidak bergantung pada lokasi atau zona waktu. Penciptaan komunitas online untuk pertukaran ide dan informasi berpotensi meningkatkan peluang produktivitas di seluruh dunia.


Networks Support the Way We Learn

Jaringan telah mengubah cara kita dalam belajar. Akses ke pembelajaran tidak lagi terbatas hanya di satu tempat.
Pembelajaran jarak jauh secara online telah menghilangkan hambatan dan meningkatkan peluang siswa. Jaringan yang kuat, cepat, dan andal mendukung dan memperkaya pengalaman belajar siswa. Mereka menyampaikan materi pembelajaran dalam berbagai format termasuk kegiatan interaktif, penilaian, dan umpan balik.


Networks Support the Way We Communicate

Internet telah mengantarkan pada bentuk komunikasi baru yang mengajak orang untuk menciptakan informasi yang dapat diakses oleh banyak orang.
Beberapa bentuk komunikasi meliputi:

  • SMS/Texting - SMS memungkinkan komunikasi real-time instan antara dua orang atau lebih.
  • Social Media - Media sosial terdiri dari situs web interaktif tempat orang dan komunitas membuat dan berbagi konten buatan pengguna dengan teman, keluarga, rekan kerja, dan dunia.
  • Collaboration tools - Tanpa batasan lokasi atau zona waktu, alat kolaborasi memungkinkan individu untuk berkomunikasi satu sama lain, seringkali melalui video interaktif waktu nyata. Distribusi jaringan data yang luas berarti bahwa orang-orang di lokasi terpencil dapat memberikan kontribusi yang setara dengan orang-orang di jantung pusat populasi yang besar.
  • Blogs - Blogs, yang merupakan singkatan dari kata “weblog”, adalah halaman web yang mudah diperbarui dan diedit. Tidak seperti situs komersial, blog memberi siapa pun sarana untuk mengkomunikasikan pemikiran mereka kepada audiens global tanpa pengetahuan teknis tentang desain web.
  • Podcasting - Podcasting memungkinkan orang menyampaikan rekaman audio mereka ke khalayak luas. File audio ditempatkan di situs web (atau blog atau wiki) di mana orang lain dapat mengunduhnya dan memutar rekaman di komputer, laptop, dan perangkat seluler lainnya.
  • Peer-to-Peer (P2P) File Sharing - File sharing Peer-to-Peer memungkinkan orang untuk berbagi file satu sama lain tanpa harus menyimpan dan mendownloadnya dari server pusat. Pengguna bergabung dengan jaringan P2P hanya dengan menginstal perangkat lunak P2P. Berbagi file P2P belum dipeluk oleh semua orang. Banyak orang khawatir tentang pelanggaran hukum materi berhak cipta.


Networks Support the Way We Work

Dalam dunia bisnis, jaringan data pada awalnya digunakan oleh bisnis untuk secara internal mencatat dan mengelola informasi keuangan, informasi pelanggan, dan sistem penggajian karyawan. Jaringan bisnis ini berkembang untuk memungkinkan transmisi berbagai jenis layanan informasi, termasuk email, video, perpesanan, dan telepon.


Networks Support the Way We Play

Internet digunakan untuk bentuk hiburan tradisional. Kami mendengarkan Musik, atau melihat film, membaca buku, dan mengunduh materi untuk akses offline di masa mendatang. Jaringan memungkinkan penciptaan bentuk hiburan baru, seperti game online. Pemain berpartisipasi dalam segala jenis kompetisi online yang dapat dibayangkan oleh desainer game.



Networks of Many Sizes

Jaringan tersedia dalam berbagai ukuran. Mulai dari jaringan sederhana yang terdiri dari dua komputer hingga jaringan yang menghubungkan jutaan perangkat. Jaringan sederhana yang dipasang di rumah memungkinkan berbagi sumber daya, seperti printer, dokumen, gambar, dan musik antara beberapa komputer lokal.


Clients and Servers

Server adalah komputer dengan perangkat lunak yang memungkinkannya memberikan informasi, seperti email atau halaman web, ke perangkat akhir lainnya di jaringan.


Klien adalah komputer dengan perangkat lunak yang diinstal yang memungkinkan mereka untuk meminta dan menampilkan informasi yang diperoleh dari server.


Peer-to-Peer

Dalam bisnis kecil dan rumah, banyak komputer berfungsi sebagai server dan klien di jaringan. Jenis jaringan ini disebut jaringan peer-to-peer.


LANs, WAN, and the Internet
Network Components
1. Perangkat
2. Media
3. Jasa

Network Media 
Media merupakan salah satu faktor yang mendukung, baik atau tidak baiknya suatu sistem jaringan tersebut 
1. cooper 
2. kabel 
3. wireles

Network Type
1. LAN Local Area Network = Menghubungkan perangkat di area terbatas /                                                                             kecil seperti rumah, sekolah, gedung kantor, atau                                                                      kampus.

2. WAN Wide Area Network  = Infrastruktur jaringan yang menjangkau area                                                                           geografis yang luas. WAN biasanya dikelola oleh                                                                   penyedia layanan (SP)

3. MAN Metropolitan Area Network  = Infrastruktur jaringan yang menjangkau     area                                                                        fisik yang lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil                                                                    dari WAN

4. WLAN Wireles LAN  = Mirip dengan LAN tetapi secara nirkabel menghubungkan                                                    pengguna dan titik akhir di wilayah geografis kecil.

5. SAN Storage Area Network = Infrastruktur jaringan yang dirancang untuk                                                                             mendukung server file dan menyediakan                                                                                 penyimpanan data, pengambilan, dan replikasi.


Internet 
Internet tidak dimiliki oleh individu atau kelompok mana pun. Memastikan komunikasi yang efektif di seluruh infrastruktur yang beragam ini membutuhkan penerapan teknologi dan standar yang konsisten dan diakui secara umum serta kerja sama dari banyak lembaga administrasi jaringan. ada dua istilah dalam kata internet dan ekstranet Intranet adalah istilah yang sering digunakan untuk merujuk pada koneksi pribadi LAN dan WAN Ekstranet untuk memberikan akses yang aman dan selamat kepada individu yang bekerja untuk organisasi yang berbeda, tetapi memerlukan akses ke data organisasi.


Intranet dan ekstranet

Intranet adalah istilah yang sering digunakan untuk merujuk pada koneksi pribadi LAN dan WAN milik organisasi, dan dirancang untuk dapat diakses hanya oleh anggota organisasi itu sendiri. Organisasi dapat menggunakan ekstranet untuk memberikan akses yang aman kepada individu yang bekerja untuk organisasi yang berbeda, tetapi memerlukan akses ke data organisasi. 

Network Architecture
Seiring perkembangan jaringan, ada empat karakteristik dasar yang perlu ditangani untuk memenuhi harapan pengguna:

  • Toleransi kesalahan
  • Skalabilitas
  • Quality of Service (QoS)
  • Keamanan
Security 
Ada dua jenis masalah keamanan jaringan yang harus ditangani: keamanan infrastruktur jaringan dan keamanan informasi. 

- Keamanan infrastruktur jaringan mencakup pengamanan fisik perangkat yang menyediakan konektivitas jaringan, dan mencegah akses tidak sah ke perangkat lunak manajemen yang ada di dalamnya 

- Keamanan informasi mengacu pada perlindungan informasi yang terkandung dalam paket yang sedang dikirim melalui jaringan dan informasi yang disimpan pada perangkat yang terhubung ke jaringan.


Layer
OSI Layer 
7. Application Layer 
6. Presentation Layer 
5. Session Layer 
4. Transport Layer 
3. Network Layer 
2. Data-link Layer 
1. Physical Layer

TCP/IP 
singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol. TCP/IP merupakan standar komunikasi data yang digunakan untuk dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain pada jaringan Internet. TCP/IP pun memilki beberapa layer 
5. AplicationLayer 
4. Transport Layer 
3. Internet Layer 
2. Network Layer 
1. Physical Layer


New Trends
Bring Your Own Device (BYOD)
BYOD adalah tentang pengguna akhir yang memiliki kebebasan untuk menggunakan alat pribadi untuk mengakses informasi dan berkomunikasi di seluruh jaringan. BYOD berarti perangkat apa pun, dengan kepemilikan apa pun, digunakan di mana saja.

Online Collaboration
Alat kolaborasi, seperti Cisco WebEx, Zoom. Untuk bisnis, kolaborasi adalah prioritas kritis dan strategis yang digunakan organisasi untuk tetap kompetitif. Kolaborasi juga menjadi prioritas dalam pendidikan, untuk saling bekerjasama untuk saling membantu, dan untuk mengembangkan keterampilan.

Video Communication
Video yang digunakan untuk komunikasi, kolaborasi, dan hiburan. Panggilan video dapat dilakukan ke dan dari mana saja dengan koneksi Internet.

Cloud Computing
Cloud Computing merupakan Tren global yang mengubah cara kita mengakses dan menyimpan data. Komputasi awan memungkinkan kita untuk menyimpan file pribadi, bahkan mencadangkan seluruh data kita di server melalui Internet. Bahkan aplikasi pengolah kata dan pengeditan foto dapat diakses menggunakan cloud.

Komputasi awan dimungkinkan karena pusat data. Pusat data adalah fasilitas yang digunakan untuk menampung sistem komputer dan komponen terkait. Pusat data biasanya sangat mahal untuk dibangun dan dipelihara. Karena alasan ini hanya organisasi besar yang menggunakan pusat data.

Ada empat tipe utama Awan: 
1. Awan Umum, 
2. Awan Pribadi, 
3. Awan Hybrid, 
4. dan Awan Kustom.


Networking Technologies for the Home

Technology Trends in the Home

Teknologi rumah pintar adalah teknologi yang diintegrasikan ke dalam peralatan sehari-hari yang memungkinkan mereka untuk saling terhubung dengan perangkat lain, menjadikannya lebih 'pintar' atau otomatis. Misalnya seperti megunci pintu dan menyalakan lampu hanya dengan menggunakan smartphone

Powerline Networking

Jaringan powerline adalah tren yang muncul untuk jaringan rumah yang menggunakan kabel listrik yang ada untuk menghubungkan perangkat. Menggunakan kabel yang sama yang menghasilkan listrik, jaringan powerline mengirimkan informasi dengan mengirimkan data pada frekuensi tertentu.

Wireless Broadband

Dalam rumah pintar, peran internet sangat penting. DSL dan kabel adalah teknologi umum yang digunakan untuk menghubungkan rumah dan bisnis kecil ke Internet. Tetapi nirkabel bisa menjadi pilihan lain di banyak area.


Network Security

Security Threats

Keamanan jaringan merupakan bagian integral dari jaringan computer, Keamanan jaringan yang diimplementasikan harus memperhatikan lingkungan, serta alat dan kebutuhan jaringan Itu harus dapat mengamankan data sambil tetap memungkinkan kualitas layanan yang diharapkan dari jaringan.

Ancaman eksternal yang paling umum terhadap jaringan meliputi:

  • Virus, worm, dan trojan horse - perangkat lunak berbahaya dan kode arbitrer yang berjalan di perangkat pengguna
  • Spyware dan adware - perangkat lunak yang diinstal pada perangkat pengguna yang secara diam-diam mengumpulkan informasi tentang pengguna
  • Serangan Hacker - serangan oleh orang yang berpengetahuan luas ke perangkat pengguna atau sumber daya jaringan
  • Serangan Denial of service - serangan yang dirancang untuk memperlambat atau merusak aplikasi dan proses pada perangkat jaringan
  • Penyadapan dan pencurian data - serangan untuk menangkap informasi pribadi dari jaringan organisasi
  • Pencurian identitas - serangan untuk mencuri kredensial login pengguna untuk mengakses data pribadi
Security Sollutions
Menjawab semua masalah diatas berikut solusinya Komponen keamanan jaringan untuk jaringan rumah atau kantor kecil harus mencakup:

  • Antivirus
  • Pemfilteran firewall

Komentar